Home » , » Cara Ampuh Menghilangkan Kutu Daun Pada Tanaman

Cara Ampuh Menghilangkan Kutu Daun Pada Tanaman

Cara Ampuh Menghilangkan Kutu Daun Pada Tanaman - Kutu Daun atau Kutu Putih biasanya menempel pada daun, sedangkan tanaman yang menjadi inang dari "Planococcus" ini pertumbuhannya menjadi tidak optimal karena kutu ini menyerap sari-sari makanan. Makhluk ini menyerah hampir semua jenis tanaman sayuran dan buah-buahan seperti kangkung, jambu biji, cabai, mangga, kelengkeng dan lainnya. Sebenarnya banyak cara untuk menghilangkan gannguan dari kutu putih ini, misalnya pakai pestisida tetapi untuk para pehobi tanaman hias atau tanaman buah yang tidak terlalu banyak dan biasanya berada di teras, disamping rumah, belakang rumah atau di depan rumah untuk penggunaan pestisida sangatlah berbahaya karena begitu dekat dengan jangkauan anak-anak atau binatang peliharaan. Tentunya hal ini akan membahayakan lingkungan sekitar rumah anda.

Untuk membasmi kutu putih pada tanaman kesayangan anda sebenarnya sangat mudah dan simple, yaitu menggunakan detergen yang di larutkan kedalam air dengan dosis 1 sendok makan detergen : 1 liter air. Kemudian aduk-aduk hingga detergen larut seluruhnya kedalam air, lalu gunakan spons untuk mengusapkan ke tanaman yang terkena kutu daun tersebut. Usapkan ke daun dan batang yang terkena kutu putih secara berulang-ulang hingga bersih. Setelah tanaman bersih dari kutu putih, tanaman di siram dengan air bersih untuk menghilangkan sisa-sisa detergen yang masih menempel pada daun dan ranting tanaman. Selama ini, penggunaaan air detergen untuk membasmi kutu putih pada tanaman sangat efektive karena mudah untuk membuatnya, tetapi untuk penggunaan pada tanaman yang banyak akan menjadi tidak efektive karena akan banyak memakan waktu dan tenaga.


Sebenarnya untuk penggantian pestisida kimi bisa menggunakan pestisida alami. Pembuatannya pun mudah serta bahan-bahan yang di gunakan tersedia banyak di sekitar kita. Sehingga untuk penyemprotan tanaman yang lumayan banyak tidak perlu memakai pestisida kimia yang sangat berbahaya bagi lingkungan sekitar. Untuk pembuatan pestisida kimi, nanti akan di bahas di sini.
 Cara Menanam Cabai Dalam Polybag

Demikian artikel tentang Cara Ampuh Menghilangkan Kutu Putih Pada Tanaman, semoga artikel ini bermanfaat. Jangan lupa baca juga Cara Menanam Pohon Belimbing Dalam Pot 

 Jenis Tin Yang Cocok di Tanaman di Indonesia

Artikel Lainnya

Popular Posts