Home » » Pembibitan Tanaman Hias Anthurium ( Gelombang Cinta )

Pembibitan Tanaman Hias Anthurium ( Gelombang Cinta )

 Video Pembibitan Tanaman Hias Anthurium

Anthurium atau sering dikenal dengan sebutan Gelombang Cinta adalah jenis tanaman hias tropis yang berasal dari yunani. Kata anthurium berarti bunga yang berbentuk seperti ekor. Di Indonesia terdapat lebih dari 7 jenis anthurium, yaitu Anthurium cyrstalinum (kuping gajah), Anthurium pedatoradiatum (wali songo), Anthurium andreanum, Anthurium rafidooa, Anthurium hibridum (lidah gajah), Anthurium makrolobum dan Anthurium scherzerianum. Perbanyakan tanaman jenis ini tergolong sangat mudah, yaitu dengan cara generatif ( biji ) dan perbanyakan dengan cara vegetatif ( stek ).

Tanaman anthurium memiliki 2 macam bunga yaitu bunga jantan dan bunga betina. Bunga jantan ditandai oleh adanya benang sari, sedangkan bunga betina ditandai oleh adanya lendir. Biji diperoleh dengan menyilangkan bunga jantan dan bunga betina.

Dengan menggunakan jentik, bunga sari diambil dan dioleskan sampai rata di bagian lendir pada bunga betina. Sekitar 2 bulan kemudian, bunga yang dihasilkan sudah masak, di dalamnya terdapat banyak biji anthurium. Biji-biji tersebut di kupas, dicuci sampai bersih dan diangin-anginkan, kemudian ditabur pada medium tanah halus. Persemaian ditempatkan pada kondisi lembab dan selalu disiram.

Ada 2 cara perbanyakan secara vegetatif, yaitu stek batang dan stek mata tunas. Cara perbanyakan dengan stek batang adalah memotong bagian atas tanaman (batang) dengan menyertakan 1 - 3 akar, bagian atas tanaman ‘yang telah dipotong kemudian ditanam, pada medium tumbuh yang telah disiapkan. Sebaliknya perbanyakan dengan mata tunas adalah mengambil satu mata pada cabang, kemudian menanam mata tunas pada medium tumbuh yang telah disiapkan.
 Video Pembibitan Tanaman Hias Anthurium


Artikel Lainnya

Popular Posts