Home » » Pembibitan Aglaonema ( Dona Carmen )

Pembibitan Aglaonema ( Dona Carmen )


 Pembibitan Algaonema

Aglaonema merupakan jenis tanaman dari family araceae, dan terdapat sekitar 30 genus dari tanaman ini. Aglaonema bisa tumbuh baik didaerah yang lembab dan penyinaran yang rendah. Kini berbagai macam aglaonema hybrida telah dikembangkan, memiliki penampilan tanaman yang sangat menarik. Hybrida dari bermacam warna, bentuk, ukuran daun sehingga jauh berbeda dari spesies alami.

Salah satu jenis dari Aglaonema ini yang paling populer adalah jenis dona carmen yang berdaun hijau kekuningan,termasuk jenis alam yang sangat mudah dipelihara. Bentuk daun cenderung besar. Warna dasar daun hijau dan kuning dipermukaan dengan bercak merah dan kuning kehijauan.

Sifat Tanaman Dan Syarat Tumbuh

Sifat dari tanaman aglaonema beragam, ada yang dapat terkena sinar matahari dan ada juga yang harus ternaungi, sebagian aglaonema dapat hidup di tempat lembab dan sebagian lagi di tempat sedikit kering, tanaman aglaonema tergolong bandel, mudah dirawat dan cocok dijadikan tanaman indoor, apalagi aglaonema terkenal dengan motif daunnya yang indah.

Syarat yang harus dipenuhi untuk mendapatkan pertumbuhan aglaonema yang optimal adalah lokasi, cahaya, kelembaban dan suhu Lokasi yang ideal untuk merawat aglaonema adalah daerah yang berketinggian 300 – 400 m diatas permukaan laut,namun tidak menutup kemungkinan juga dapat tumbuh baik di dataran rendah, sesuai habitatnya aglaonema menyukai lokasi yang teduh dengan pencahayaan terbatas, intensitas sinar matahari berkisar antara 10 – 30%, kelembaban yang cocok untuk merawat aglaonema adalah 50 – 70%, di kisaran itu tanaman tumbuh baik, lebih dari 75% dapat menyebabkan tumbuhnya cendawan pada media tanam, selain itu juga suhu menunjang pertumbuhan, lokasi sebaiknya bersuhu 28 – 30˚C pada siang hari dan 20 – 22˚C malam hari dan dibantu juga dengan sirkulasi udara yang baik.
 Pembibitan Aglaonema





Artikel Lainnya

Popular Posts