Home » , , » Membuat Pupuk Organik Cair Dari Urine Kelinci, Begini Caranya

Membuat Pupuk Organik Cair Dari Urine Kelinci, Begini Caranya

Cara Membuat Pupuk Organik Cair Dari Urine Kelinci - Pupuk merupakan nitrisi yang di butuhkan oleh tumbuhan untuk dapat tumbuh dengan optimal baik itu tanaman buah ataupun tanaman sayuran. Sebenarnya di dalam tanah sudah mengandung unsur hara yang memang di butuhkan untuk tanaman, tetapi kadang unsur hara yang terdapat dalam tanah tidak cukup atau bahkan kurang satu atau dua jenis unsur yang memang di gunakan untuk kelangsungan hidup tanaman, maka dari itu perlu di tambahkan unsur hara tambahan yang terdapat dalam pupuk. Pupuk ini mempunyai berbagai macam dan jenisnya, mulai dari cara pembuatannya yaitu secara kimiawi atau sintesis dan pupuk organik yang terbentuk dari proses alamiah. Serta menurut fungsinya banyak sekali jenis pupuk untuk tanaman seperti pupuk daun, pupuk untuk cepat berbuah, pupuk untuk merangsang agar tanaman cepat tumbuh akar dan ranting dan sebagainya. Sedangkan menurut bentuknya ada pupuk padat dan pupuk cair. 

Sebenarnya untuk membuat pupuk untuk tanaman itu sangatlah mudah, tetapi kadang petani kita sudah mulai ketergantungan dengan pupuk buatan pabrik. Disamping berbahaya untuk lingkungan sekitar pupuk ini juga mempunyai harga yang sangat mahal. Dan ironi nya, walaupun harga pupuk mahal sekarang mencari pupuk kimia pun sangat sulit dan petani juga lah yang harus dirugikan karena bisa mengancam gagal panen. Maka dari itu seharusnya petani kita harus mulai beralih dari pupuk kimia ke pemakaian pupuk organik atau pupuk alami.


 Video Cara Membuat Pupuk

Disamping bahan-bahan yang digunakan untuk membuat pupuk organik melimpah di sekitar kita, pembuatannya pun cukup mudah sehingga orang yang kurang pengetahuannya pun bisa membuatnya. Kali ini saya akan mencoba menjelaskan tentang cara membuat pupuk organik dari urine kelinci. Urine dan kotoran kelinci memiliki kandungan kandungan 2,20% Nitrogen, 87% Fosfor , 2,30% Potassium, 36 Sulfur%, 1,26% Kalsium, 40% Magnesium

Cara Membuat Pupuk Organik Cair ( POC ) dari Urine Kelinci

Bahan-bahan :

  • 1,5Lt urine kelinci
  • 15cc/15ml larutan EM4
  • 15cc/15ml Molases atau bisa diganti dengan 3/8 gula merah
  • Jrigen kapasitas 5L.

catatan :
10cc/10ml larutan EM4 untuk 1L urine kelinci
10cc/10ml molases untuk 1L urine kelinci.

 Cara membuat pestisida organik


Cara membuat :

masukan semua bahan ( urine, EM4 dan Molases/air gula merah ) ke dalam jrigen. kemudian kocok agar semua bahan tercampur, setelah itu simpan diruangan yang tidak terkena matahari langsung dan sejuk. Diamkan selama 7-8hari, jangan lupa sesekali buka tutup jrigen untuk membuang gas hasil fermentasi. Jika sudah tidak bau berarti Pupuk Organik Cair dari Urine Kelinci siap digunakan.

Dosis :
10cc/10ml dilarutkan kedalam 1Lt air.

Demikian ulasan Cara Membuat Pupuk Organik Cair (POC) dari Urine Kelinci, semoga bermanfaat. Baca juga artikel dibawah ini

 Pengendalian Hama Keriting Pada Daun Cabai

Artikel Lainnya

Popular Posts