Home » , » Cara Menanam Cabai Organik Dalam Pot

Cara Menanam Cabai Organik Dalam Pot

Cara Menanam Cabai Organik Dalam Pot - Untuk menanam cabai organik dalam pot sangatlah mudah, bahkan siapapun dapat melakukannya. Jadi manfaatkan lah lahan area sekitar rumah untuk menanam cabai, mengapa cabai? Cabai merupakan komoditi yang mempunyai nilai tinggi, harga cabai bisa melonjak naik pada saat-saat tertentu bahkan kenaikan harganya bisa di bilang membuat pusing ibu-ibu, bagaimana tidak pusing harga 1 kg cabai di pasar bisa lebih malah daripada daging sapi. Maka dari itu, khususnya ibu-ibu rumah tangga diharapkan dapat menanam cabai sendiri di sekitar rumah. Terus bagai mana caranya? Gampang ko, mari ikuti bagai mana cara menanam pohon cabai dengan mudah di lahan sempit.

Tanaman cabai dapat tumbuh subur hampir di seluruh indonesia, maka dari itu untuk menanam cabai sangatlah mudah. Untuk skala konsumsi sendiri atau hanya memanfaatkan lahan sempit di sekitar rumah, tanaman ini dapat di tanam di polybag ataupun di pot bahkan ember bekas pun dapat di gunakan sebagai tempat menanam. 



Berikut langkah-langkah untuk menanam tanaman cabai organik dalam pot

Persiapan dan Penyemaian
  • Pertama siapkan dulu benihnya, yaitu ambilah biji dari cabai di dapur usahakan cabai yang akan menjadi benih mempunyai ukuran besar, mulus tidak bengkok-bengkon. 
  • Bagi cabai tersebut menjadi 3 bagian dan ambil bijinya pada bagian yang tengah. 
  • Jemur satu hari di tempat yang agak teduh ( tidak terkena sinar matahari langsung ). 
  • Kemudian setelah kering, rendam biji tersebut dengan air hangat-hangat kuku ( kalau bisa airnya di campur keprekan bawang merah ). 
  • Siapkan polybag atau pot kemudian ini dengan tanah dan kompos ( pupuk kandang ) dengan perbandingan 1:1. 
  • Setelah pot atau polybag siap, sebarkan biji cabai tersebut dan semprot air hingga lembab, kemudian tutup dengan plastik hitam. 
  • Sesekali buka plastik untuk melihat apakah tanah lembab atau tidak, jika tidak semprot air sampai lembab dan tutuk kembali dengan plastik. 
  • Setelah cabai mulai tumbuh, tutup plastik di buang, pot atau polybag di letakan di tempat yang terang ( jangan terkena sinar matahari langsung ). 
  • Setelah kurang lebih 15 hari ( sudah mempunyai 4 daun ) tanaman siap di pindah ke dalam pot pembesaran.


Perawatan
  • Untuk perawatan tanaman cabai sangatlah mudah, hanya siram 2 kali sehari ( jika cuaca kemarau ) jika musim hujan tidak usah di siram kecuali tanah kelihatan kering.
  • Pemupukan bisa dilakukan seminggu sekali dengan pupuk kandang.
  • Jika terserang hama, semprot dengan pestisida buatan dari bahan dasar bawang putih ataupun dari bahan daun pepaya. Baca juga cara membuat pestisida alami 

 Cara Menghilangkan Keriting Daun Cabai


Panen
Masa panen tanaman cabai kurang lebih 3 bulan setelah tanam, setelah itu panen bisa di lakukan seminggu sekali atau langsung saja panen jika sudah ada yang merah-merah.



Demikian Cara Menanam Cabai Organik Dalam Pot dengan memanfaatkan laham sempit di sekitar rumah kita.

 Cara Ampuh Menghilangkan Kutu Putih

Artikel Lainnya

Popular Posts